Sabtu, 09 September 2017

Nikmatnya Makanan Khas Sumbawa

Makanan Khas Sumbawa

Makanan Yang Wajib Dicoba


1. Singang

Singang
Ini adalah makanan khas Sumbawa yang berbahan dasar ikan segar. Ikannya sih boleh ikan apa saja, namun disarankan ikan bandeng dan kakap. Kenapa ya? Ya mungkin lebih gurih saja gitu kali ya. Kuahnya kekuningan dipadu dengan merahnya cabe (eh pakai cabe rawit juga), dan hijau segarnya daun kemangi. Kebayang deh, pasti pedas, segar, dan wangi. Apalagi dimakannya panas-panas di warung yang banyak terdapat di Sumbawa.







2. Sepat


Sepat
Ini juga makanan ikan berkuah khas Sumbawa. Jadi ini ikannya dibakar terus dimakan bersama dengan nasi putih panas, sambal tomat dan irisan mentimun. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kakap atau baronang berukuran sedang. Kuah sepatnya yang nanti dicelupkan ikan bakar, adalah terong, mangga muda, daun aru, belimbing wuluh, tomat, kemiri, dan asam Sumbawa. Uihhhh segerrr…asem-asem manis gimana gitu.


3. Gecok

Gecok
Kalau tadi berbahan dasar ikan, ini berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Daging, hati, dan jeroannya digoreng kemudian dimasukkan ke dalam tumisan bumbu yang khas banget deh pakai belimbing wuluh. Kebayang ya, gorengan pakai semacam serundeng, dibumbui tumisan segar asam. Pasti enggak bisa kalau enggak tambah lagi dan lagi.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar